Breaking News

CONTOH RPP MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII K13

RPP MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII K13



Kurikulum 2013 (K13) dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Pembelajaran Prakarya untuk kelas VII juga berdasarkan ketentuan tersebut diatas. Prakarya bukan mata pelajaran keterampilan sebagaimana dinamakan selama ini dan juga bukan materi pembelajaran yang direancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa. Prakarya adalah matapelajaran yang membekali siswa dengan kemampuan untuk menghasilkan suatu karya pendahuluan atau purwarupa/ prototype yang baik.



Pada mata pelajaran prakarya diajarkan pengembangan ide serta pengetahuan tentang bahan, proses dan peralatan sehingga siswa dapat memahami alasan-alasan penggunaan bahan, proses atau peralatan tertentu, sehingga akhirnya pengerjaan sebuah prakarya haruslah dibarengi dengan sikap yang sesuai dan hasil yang diperoleh bisa maksimal. pelajaran prakarya harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan tentang apa yang harus direncanakan dan dipersiapkan dalam pembuatan suatu prakarya, bagaimana membuatnya dan kompetensi sikap yang harus dimiliki siswa untuk dapat menghasilkan prakarya yang baik dan bermutu.

Dibawah ini kami sajikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Prakarya yang sudah sesuai Kurikulum 2013 (K13) untuk kelas VII SMP, semoga contoh yang sederhana ini bisa memberikan wawasan bagi guru-guru prakarya dimanapun berada, bila membutuhkan contoh RPP sebagai pembanding, sehingga nantinya dapat memperlancar proses pembelajaran dan melengkapi adsministrasi guru tentunya. Semoga bermanfaat, selamat berjuang dan berkarya guru Indonesia. Wassalam.

                                                                                  Download                                                               Unduh