Breaking News

TIPS: CARA PENDEKATAN DIRI KE SISWA AGAR MENJADI GURU YANG DISUKAI OLEH MURID

TIPS: CARA PENDEKATAN DIRI KE SISWA 
AGAR MENJADI GURU YANG DISUKAI OLEH MURID



Menjadi seorang guru memang tidak mudah, karena dalam pembelajaran di kelas biasanya menghadapi berbagai macam karakter siswa yang bermacam-macam, tetapi itulah salah satu tantangan bagi guru, agar misi transfer ilmu dapat berjalan dengan baik. Banyak sekali metode-metode pembelajaran yang ada, tetapi bila diterapkan belum menjamin seratus persen pembelajaran akan berhasil. Penguasaan kelas oleh guru menjadi salah satu kunci sukses, agar kegiatan belajar mengajar lancar sehingga tercapai tujuan pembelajaran, hal itu tak lain karena perangai dan watak siswa yang beraneka ragam dan tujuan mereka kesekolahpun juga berlainan, belum tentu semuanya fokus untuk belajar dan menguasai ilmu pengetahuan. Dalam usaha untuk mendekatkan diri ke siswa sehingga nantinya guru tersebut bisa menjadi guru yang disukai siswa, tidak ada salahnya diterapkan tips-tips berikut ini:



A. Pendekatan Diri Ke Siswa:

- Memahami berbagai macam kesukaan siswa dengan cara berkomunikasi yang akrab, tentang hobinya, kesukaannya dan lain sebagainya sehingga guru tahu misalnya seorang anak suka hobi melukis, bermain game, olahraga dan lain sebagainya. 

- Ketika melaksanakan pembelajaran kelas diusahakan dibuat nyaman, kondusif dan aktif pembelajaran, dengan diselingi guyonan dan lelucon sehingga siswa menjadi senang, tetapi harus diatur betul saat serius dan saat bercanda, berarti dalam hal ini diperlukan guru yang humoris, sehingga siswa tidak tegang saat pembelajaran, bisa konsentrasi dan fokus dan aktif sehingga terjadi tanya jawab, tetapi tidak ramai atau ribut.

- Memotivasi siswa dan membuka wawasan siswa untuk kreatif dan tidak takut berekspresi, menuangkan ide-idenya sesuai minat, bakat dan kemampuannya, sehingga mereka menjadi aktif, mau bertanya, dan kritis dalam berpikir.


B. Hal yang bisa dilakukan agar disukai siswa 

- Dianjurkan tidak terlalu banyak melakukan metode ceramah.
- Bila anda sebagai guru ingin agar siswa menghormati anda silahkan terlebih dahulu menjaga harga diri siswa anda dikelas.
- Apabila guru marah atau kecewa terhadap siswa berbicaralah dengan mereka secara santun tetapi jangan berteriak.
- Tetap berbagi senyum yang ramah kepada siswa, meskipun pada anak yang dianggap bermasalah, hal itu akan membuat siswa tersebut tetap menyukai anda.
- Selalu memotivasi dengan contoh yang riil dan masuk akal, tetapi bukan menyindir.
- Melakukan humor ditempat dan saat yang tepat.
- Mudah berteman dengan siswa tetapi tidak menjadi teman siswa, dalam arti guru menjadi pihak yang pasif berkomunikasi namun tetap profesional, karena bila menjadi "teman siswa" justru akan menyulitkan situasi anda dikelak kemudian hari.
- Menganggap semua siswa sedang berproses dengan penuh kesabaran, serta hindari meneruskan warisan guru lain dengan melanjutkan cap yang sudah diterima oleh siswa tertentu.

Demikian tips-tips dari kami, kurang lebihnya mohon maaf, manusia tidak ada yang sempurna, dan itu merupakan pengalaman orang lain dan pribadi saya yang bisa dishare, semoga bisa membantu dalam kelancaran pembelajaran dikelas, sehingga tercapai tujuan pemebelajaran. Selamat berjuang guru Indonesia, terus berkarya dan tetap semangat untuk berkreasi dan berinovasi. Wassalam.

Downloads tips.                                                    Unduh tips.