Breaking News

Permendikbud No 14 Tahun 2017 Tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional

 Permendikbud No 14 Tahun 2017 
Tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional



Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah dimulai pada tahun 2016 yang lalu, walaupun banyak yang masih sebagai ujicoba saja di tiap kota/ kabupaten pelaksanaannya,  tetapi pada tahun 2017 ini pelaksanaan UNBK dilaksanakan dihampir sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/ kota serempak di seluruh Indonesia, baik di jenjang SMA/SMK, SMP dan SD yang sudah memiliki fasilitas lab komputer yang memadai, baik dari segi kualitas maupun kuantitas komputer, berkaitan dengan rasio perbandingan antara jumlah siswa dan banyaknya unit komputer yang tersedia. Akan tetapi untuk sekolah-sekolah di wilayah tertentu yang belum memiliki fasilitas yang memadai dan belum memungkinkan di laksanakan UNBK, maka masih akan tetap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), sesuai dengan POS UN 2017


Untuk itu, ketika nanti pelaksanaan UNBK telaj dilaksanakan, maka pada tanggal 31 Maret 2017 yang lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Efendi mengesahkan Permendikbud No 14 Tahun 2017 Tentang Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Nasional. Dalam Permendikbud ini menjelaskan bahwa dalam rangka pengakuan atas prestasi belajar dan kelulusan dan suatu jenjang pendidikan, peserta didik berhak memperoleh ijazah, kemudian dalam rangka pengakuan atas pencapaian ujian nasional pada suatu jenjang pendidikan, peserta didik berhak memperoleh sertifikat hasil ujian nasional.

Disahkannya Permendikbud no 14 Tahun 2017 ini, dimaksudkan untuk mengatur penerbitan ijazah dan sertifikat hasil ujian nasional, serta agar dapat diketahui secara luas oleh sekolah-sekolah yang nantinya telah melaksanakan UNBK, Untuk lebih lengkapnya berikut ini kami sajikan secara lengkap salinan Permendikbud No 14 tahun 2017, dan anda dapat download di sini. Semoga sajian dari kami yang sederhana dan sedikit ini berguna bagi anda semua, terutama yang membutuhkan informasi ini. Wassalam.




Atau unduh lewat link berikut dibawah:

Link Unduh 1

Link Unduh 2