Breaking News

Panduan Teknis EkstraKurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Panduan Teknis Ekstra Kurikuler Kurikulum 2013 
Sekolah Dasar


Kurikulum 2013 secara serentak mulai diberlakukan di hampir seluruh sekolah-sekolah di Indonesia, yang tentunya memerlukan perhatian khusus untuk dipersiapkan sebaik mungkin karena memiliki kompleksitas dalam berbagai hal. Salah satu yang ditekankan dalam kurikulum ini adalah tentang pengembangan diri dari peserta didik, yang salahsatunya adalah melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler pada Kurikulum 2013 yang erat kaitannya pula dengan penguatan pendidikan karakater (PPK) adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Lihat konsep Penguatan Pendidikan Karakter 


Ekstrakurikuler wajib merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh peserta didik, terkecuali bagi peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Ekstrakurikuler pilihan merupakan program ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya masingmasing.

Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah  Dasar. Sesuai dengan dinamika yang ada, upaya perbaikan panduan ini perlu terus dilakukan. Oleh karena itu saran dari berbagai pihak sangat diharapkan.

Baca juga.
Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017


Dalam pelaksanaannya, keberhasilan program pendampingan perlu didukung oleh ketersediaan panduan yang secara teknis mampu membimbing dan mengarahkan guru melaksanakan praktik pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut. Panduan teknis yang disusun adalah :
1. Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
2. Panduan Teknis Memahami Buku Guru dan Buku Siswa Sekolah Dasar
3. Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar.
4. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar.
5. Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor di Sekolah Dasar.
6. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar
7. Panduan Praktis Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik.
8. Panduan Teknis Pengembangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar.
9. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar
10. Panduan Teknis Transisi KTSP ke Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar
dsb

Berikut dibawah ini kami sajikan Panduan Teknis EkstraKurikuler Kurikulum 2013  Sekolah Dasar, semoga bermanfaat untuk kita semua, terutama bapak dan ibu guru yang membutuhkan, selengkapnya bisa download dsini . Wassalam