Breaking News

JUKLAK (PETUNJUK PELAKSANAAN) OPSI SMP TAHUN 2019


Bapak dan Ibu Guru diseluruh Indonesia yang terhormat, yang mungkin sekolahnya dan peserta didiknya berminat mengikuti Lomba Penelitian untuk siswa SMP, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus berusaha memfasilitasi dan memberikan wadah untuk peningkatan partisipasi siswa SMP di ranah penelitian,kreativitas dan inovasi dengan menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). OPSI SMP adalah suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa yang dilaksanakan secara langsung di tingkat nasional.Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2005 dengan nama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) SMP. Kemudian mengalami pergaantian nama menjadi Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP). Pada tahun 2017 menjadi Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN). Akhirnya pada tahun 2018 kegiatan ini dilaksanakan serempak dengan Direktorat Pembinaan SMA dengan nama Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Pada tahun 2018, partisipasi penelitian peserta didik SMP sebanyak 872 naskah penelitian, yakni 366 naskah penelitian bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); 299 naskah penelitian bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); dan 207 naskah penelitian Ilmu Teknologi dan Rekayasa (IPTEK). 
Agar pelaksanaan OPSI SMP 2019 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang dapat digunakan menjadi pegangan panitia, peserta didik, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Olehkarenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memrogram kegiatan OPSI SMP tahun 2019 yang dilaksanakan tidak melalui seleksi berjenjang, namun seleksi langsung melalui pendaftaran daring ke Direktorat Pembinaan SMP. Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP 2019 ini tidak hanya berisi petunjuk teknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga memberikan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2019 untuk diikuti oleh para siswa dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

Untuk lebih jelas dan lengkap tentang Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) OPSI SMP Tahun 2019, dapat anda baca dan pahami tampilan dibawah ini:




Untuk itu bagi anda yang siswanya berminat mendaftar untuk mengikuti OPSI SMP 2019, silahkan Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) OPSI SMP Tahun 2019 dapat anda unduh melalui Link Download ini

No comments