Breaking News

MODUL DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK), GP MODA DARING

MODUL DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
GURU PEMBELAJAR MODA DARING


Salah satu tujuan strategis untuk mencapai visi dan misi Kemdiknas 2015-2019 adalah penguatan peran siswa, guru, tenaga kependidikan, orang tua dan aparatur institusi pendidikan dan ekosistem pendidikan dengan sasaran strategis berupa meningkatnya kualitas sikap guru dan tenaga kependidikan dalam kepribadian, spiritual dan sosial. Upaya pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan diantaranya, dilakukan dengan menyelenggarakan "Guru Pembelajar Moda Daring" yang berkualitas baik untuk guru, kepala sekolah,pengawas dan tenaga kependidikan lainnya. Diharapkan kedepannya dapat menghasilkan layanan prima pendidikan, seperti yang dikehendaki didalam rumusan visi dan misi pendidikan nasional.



Literasi ICT atau TIK merupakan bagian yang penting dalam kehidupan diabad 21 ini, sehingga diharapkan dengan ICT/ TIK dapat dijadikan sebagai keterampilan untuk dikuasai oleh guru dan kepala sekolah. dengan demikian guru atau kepala sekolah diharapkan mampu mengembangkan pembelajaran, mengolah dan menggali informasi yang dibutuhkan, serta memanfaatkan teknologi dan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sebab pelajar diabad 21 adalah digital native dimana teknologi sudah menjadi bagian hidup mereka.

Modul Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan untuk membekali guru atau kepala sekolah, dalam meningkatkan kompetensi penerapan TIK, untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui modalitas dalam jaringan (daring). Penggunaan modul ini dapat berimplikasi pada pembudayaan pembelajaran yang berbasis TIK. Modul Dasar TIK disajikan melalui pembelajaran dalam bentuk tatap muka dikelas melalui pemahaman teori dan kegiatan praktik untuk tugas mandiri dan kelompok serta diskusi. Berikut dibawah ini modulnya.