Breaking News

MODUL GURU PEMBELAJAR MAPEL IPA SMP KK A PERKEMBANGAN DAN POTENSI PESERTA DIDIK

MODUL GURU PEMBELAJAR MAPEL IPA SMP KK A 
PERKEMBANGAN DAN POTENSI PESERTA DIDIK


Salahsatu upaya Kemdikbud untuk meningkatkan kompetensi guru adalah melakukan pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar. Sejalan dengan hal tersebut, pemeteaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogi dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindaklanjut dari pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru pasca UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru, sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, dalam jaringan / daring (online) dan campuran (blended) tatap muka dengan online.



Modul Guru Pembelajar untuk masing-masing mata pelajaran dijabarkan ke dalam 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Materi pada masing-masing modul kelompok kompetensi berisi materi kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional guru mata pelajaran, uraian materi, tugas, dan kegiatan pembelajaran, serta diakhiri dengan evaluasi dan uji diri untuk mengetahui ketuntasan belajar.Bahan pengayaan dan pendalaman materi, dimasukkan pada beberapa modul untuk mengakomodasi perkembangan ilmu pengetahuan danteknologi, serta kegunaan dan aplikasinya dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari.

Berikut dibawah ini, penulis sajikan tentang Modul Guru Pembelajar Mapel IPA SMP KK A, Perkembangan dan Potensi Peserta Didik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi guru-guru yang membutuhkan, untuk melaksanakan program Guru Pembelajar, sehingga nantinya dapat semakin meningkatkan kompetensi guru-guru di seluruh Indonesia, dan siswa-siswi sebagai peserta didik merasakan pula manfaat dan perubahan dari pembelajaran yang siswa alami. Wassalam.

.                                                                                                           Download.                                                             Unduh.