Breaking News

PROGRAM TAHUNAN MATA PELAJARAN

PROGRAM TAHUNAN MATA PELAJARAN



Program Tahunan sudah sering kita dengar istilah tersebut, terutama para guru yang memang membutuhkannya sebagai pelengkap adsministrasi guru. Tapi sebenarnya seperti apakah apakah deskripsi dari Program Tahunan? Marilah kita mencoba untuk mengupasnya sehingga kita bisa mendapatkan satu visi tentang program tahunan. Ada yang menyatakan bahwa, Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai siswa.



Selain itu Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai pedoman bagi pengembangan program-program selanjutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan. Program ini perlu disiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya. Pada program tahunan juga memuat penjabatran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pengajaran.

Berikut dibawah ini kami sajikan sedikit contoh Program Tahunan Mata Pelajaran Prakarya untuk kelas VII sesuai kurikulum 2013, semoga dapat sedikit memberikan pencerahan bagi anda yang selama ini masih memerlukan informasi dalam penyusunan Program tahunan pada suatu matapelajaran, sehingga anda akan lebih paham dan mampu menyusun program semster yang baik demi kelancaran pembelajaran serta mampu menyusun yang baik untuk kelengkapan adsministrasi guru. Selamat berjuang dan berkarya, guru Indonesia. Wassalam.

                                                                                                            Download.                                                              Unduh