Breaking News

POS UN SMP 2017

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR
PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL
(POS UN SMP 2017)




Bapak dan Ibu guru dan rekan-rekan semua yang terhormat, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2017 sudah semakin dekat, berbagai aturan baru sudah diterbitkan oleh Kemdikbud melalui BSNP untuk mengatur dan menata pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2017 ini. Mungkin selama ini sudah mencoba mencari-cari informasi yang lengkap tentang pelaksanaan Ujian Nasional 2017 dan belum berhasil mendapatkan kejelasannya, maka disini kami mencoba ikut membantu menginformasikan masalah tersebut agar semua orang terutama guru ataupun siapa saja yang berkecimpung didunia pendidikan agar dapat mendapatkan informasi yang jelas tentang tata aturan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2017, yang mungkin besok akan anda terapkan dan dilaksanakan di sekolah masing-masing.



Sudah kita ketahui bersama, biasanya bila terjadi pergantian Menteri Pendidikan yang baru, akan terjadi pula pergantian regulasi dan kebijaksanaan berbagai hal dalam dunia pendidikan, termasuk dalam hal ini adalah pelaksanaan Ujian Nasional 2017. Pada pelaksanaan tahun ini sudah mulai serentak akan dilaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena tahun sebelumnya sudah ada beberapa sekolah ditiap daerah Kota/ Kabupaten yang dijadikan percobaan dan percontohan pelaksanaan UNBK. Sementara masih banyak daerah dan sekolah yang kemungkinan fasilitas laboratorium komputernya belum memadai karena belum ada ataupun sudah ada tetapi jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada. Sehingga dimungkinkan pada tahun inipun nantinya, masih banyak sekolah-sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK, tetapi masih Ujian Nasional secara manual menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Hal itu tidak lepas dari masalah kurang meratanya pengadaan fasilitas komputer untuk suatu sekolah ataupun bantuan-bantuan langsung komputer dari Kemdikbud pusat  ke daerah-daerah, kalaupun ada jumlahnya masih terlalu sedikit dibandingkan dengan rasio jumlah sekolah dan jumlah siswa yang ada di Indonesia ini. Akan tetapi bagaimanapun kita sambut baik hal tersebut, karena intinya dunia pendidikan kita sudah memulai untuk menggunakan informasi dan teknologi untuk Ujian Nasional, sehingga akan lebih efektif dan cepat hasilnya dapat diketahui, serta juga akan lebih hemat tanpa kertas. Sebab dengan sekali membelikan komputer, maka akan dapat digunakan dalam beberapa kali periode pelaksanaan ujian nasional, tidak seperti kertas yang akhirnya soal setelah sekali dipakai ujian lalu hanya dibuang saja padahal menghabiskan berton-ton kertas.

Untuk itu dalam kesempatan ini, kami sajikan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional (POS UN) 2017, dan kami berharap walaupun penyajian yang hanya sederhana ini dapat membantu anda semua bagi guru maupun insan pendidikan yang membutuhkan informasi, sebab hanya inilah dan sedikit yang bisa kami sumbangkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dengan ikut menyebarkan informasi yang mungkin cukup penting bagi anda untuk segera diketahui dan dipahami dalam rangka melaksanakan Ujian Nasional 2017. Semoga bermanfaat, dan majulah terus dunia pendididkan di Indonesia. Wassalam.