Breaking News

PENANTIAN PANJANG LULUS SERTIFIKASI GURU 2017, PROSES TIDAK MEMUNGKIRI HASIL

PENANTIAN PANJANG LULUS SERTIFIKASI GURU 2017, PROSES TIDAK MEMUNGKIRI HASIL



Sebelumnya saya ucapkan selamat dahulu, kepada bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia yang telah berhasil Lulus Sertifikasi 2017, dan yang belum Lulus semoga tabah, sabar dan berbesar hati untuk mengulang UTN sehingga akhirnya lulus Sertifikasi Guru. Dalam kesempatan ini, penulis hanya sekedar berbagi cerita dan pengalaman pribadi sampai dengan akhirnya bisa berhasil Lulus Sertifikasi Guru tahun 2017 ini, bukan untuk menyombongkan diri, tetapi untuk memberikan motivasi bagi yang belum lulus dan introspeksi agar lulus dikesempatan berikutnya.  Untuk berhasil Lulus, yang salah satu buktinya seperti pada screen shoot Chek Kelulusan diatas, sebenarnya sangat panjang sekali jalannya untuk sampai keberhasilan itu. Dimulai ketika saya Lulus Tes CPNS tahun 2006, kemudian tahun 2011 saya sudah merasakan ikut UK guru waktu itu, walaupun saya tidak tahu hasilnya bagaimana dan berapa. Tetapi waktu itu saya anggap sebagai pengalaman saja. Tahun-tahun berikutnya saya juga dipanggil mengikuti UK, walaupun juga akhirnya belum dipanggil ikut PLPG waktu itu, dan saya hanya berpikir positif saja, mungkin waktu itu jatah masih untuk guru-guru senior.


Waktu terus berjalan sampai menjelang tahun 2015 saya juga belum dapat panggilan PLPG, bahkan kemudian muncul aturan Linieritas yang semakin menghambat saya tidak bisa PLPG, sebab background saya sarjana pendidikan teknik elektro, yang dangkat PNS sebagai Guru IPA Fisika SMP, dianggap tidak linier untuk mengajar IPA sehingga tidak bisa ikut PLPG. Bahkan saya juga heran, ada beberapa teman satu angkatan prajabatan kok bisa sudah sergur tahun 2013, padahal background sarjananya juga saya anggap tidak Linier karena dia sarjana pertanian, bahkan juga tidak ada pengabdiannya sebagai guru honorer, karena sebelumnya dia sebagai perangkat desa. Tapi hal-hal tersebut saya jadikan cambuk penyemangat, saya yakin Allah akan memberi jalan, dan benar saja Aturan Linieritas dicabut, akan tetapi saya sudah terlanjur mengikuti UKG 2015 untuk guru TIK, toh saya sudah mengajar TIK dari tahun 2008. Karena nilai UKG 2015 saya hanya mencapai nilai 75, maka saya belum dipanggil untuk PLPG Tahun 2016. Sempat juga berpikiran untuk cari linieritas dengan mutasi ke SMK, dimana ada jurusan yang linier buat saya, yaitu Teknik Instalasi dan Pemakaian Tenaga Listrik, akan tetapi berpikir juga tidak mudah prosesnya, karena SMK sudah menjadi kewenangan propinsi, sehingga akhirnya saya pasrah saja.

Saat muncul kegalauan seperti itu, tiba-tiba diumumkan nama saya masuk sebagai peserta PLPG tahun 2017, rasa senang muncul saat itu, walaupun sempat ciut nyali juga setelah melihat, membaca dan memperhatikan proses yang harus dilalui dan syarat yang harus dipenuhi untuk lulus PLPG tahun 2017, sebab sangat berbeda syarat dan prosesnya dengan proses PLPG  tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, ketika kita sudah memulai harus aktifasi diwebsite KSG, download materi di sertifikasiguru.id langsung saya jalani, gak terasa pembelajaran online sudah berjalan sekitar 2 bulan, empat kali pelaporan  tugas sudah saya kirim, dan akhirnya berhasil selesai  membuat laporan akhir pembelajaran daring untuk presentasi diawal PLPG. Waktu pelaksanaan PLPG, saya mendapatkan LPTK Undiksha di Singaraja Bali, sebab saya ada di NTB, dan sub rayon 121 di NTB yaitu UNRAM tidak ada PLPG untuk guru TIK, sehingga kita yang berasal dari NTB dan rekan-rekan dari NTT mendapatkan LPTK Undiksha.

Alhamdulilah, ketika sudah mulai melaksanakan PLPG tahun 2017 di Undiksha, saya berada di Rombel 9 TIK, dan menjumpai teman-teman yang pintar, menyenangkan, unik, dan lucu, berjumlah 23 orang. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari teman-teman yang “hebat” dengan berbagai spesifikasi kepandaiannya, dan akhirnya bisa lebih bersyukur dengan apa yang sudah bisa kita dapat dan miliki. Walaupun diakhir cerita setelah UTN diumumkan, sedih juga karena beberapa kawan mengalami tidak lulus UTN, tapi itulah kawan proses tidak akan memungkiri hasil, artinya dengan kita berusaha semaksimal mungkin, berdoa, percaya diri dan berpasrah pada Allah, senantiasa hati kita tenang dan kesuksesan yang didapatkan. Meskipun juga, keberhasilan juga tak lepas dari faktor-faktor yang lain. misalnya psikologis, percaya diri, keberuntungan dan lain sebagainya, tetapi kita tetap harus berusaha. Terus berjuang kawan, semoga di UTN Ulang nantinya akan lulus. Wassalam.

BACA JUGA:

TIPS SUKSES DAN LULUS SERTIFIKASI GURU

CONTOH SOAL UTL PLPG 2017

No comments