Breaking News

BUKU MANUAL UNTUK PENGAMPU DAN MENTOR, GURU PEMBELAJAR MODA DARING

BUKU MANUAL UNTUK PENGAMPU DAN MENTOR 
GURU PEMBELAJAR MODA DARING


Untuk meningkatkan profesionalisme guru secara berkelanjutan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Pelaksanaan kegiatab Guru Pembelajar ini menggunakan sistem elektronik, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi  (TIK) yang selanjutnya disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan). Dengan menggunakan moda daring ini, diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses sumber belajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya.



Kegiatan Guru pembelajar Moda Daring ini, terdiri dari 3 model, yaitu GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh- Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GP Moda Daring Penuh - Model 1, hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2, melibatkanpengampu, mentor dan peserta. GP Moda daring model ini menggabungkan interaksi, antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada GP Moda Kombinasi, peserta melakukan interaksi belajar, secara daring dan tatap muka. Interaksi secara daring dilakukan secara mandiri, dengan memanfaatkan teknologi informasi, dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik. dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. sedangkan interaksi tatap muka, dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya, di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi coleh seorang mentor.

Berikut dibawah ini kami sajikan Buku Manual Untuk Pengampu dan Mentor, yang memberikan gambaran rinci, tentang teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP), dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Buku manual ini sebagai pegangan, bagi peserta, mentor dan pengampu, dalam melaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program GP moda daring, serta  buku ini memuat penjelasan, secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP Moda daring, sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.


Download.                                                                            Unduh.