Breaking News

CONTOH RPP MAPEL PPKN KELAS VII K13

RPP MAPEL PPKN KELAS VII K13


Kurikulum 2013 (K13) secara menyeluruh di dilaksanakan disekolah-sekolah di Indonesia, yang dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Hal keutuhan tersebut, menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar setiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Dalam tinjauan pedagogic Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dapat dikatakan merupakan bidang kajian keilmuan, program kurikuler, dan aktivitas social kultural yang bersifat multidimensional. Sifat multidimensional ini dapat disikapi sebagai pendidikan nilai dan moral, pendidikan kemasyarakatan, pendidikan kebangsaan, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pendidikan hukum dan hak asasi manusia serta pendidikan demokrasi. 


Dalam arti kata lain, sesuai dengan namanya Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang mempunyai misi, sebagai pendidikan nilai dan moral Pancasila, penyadaran akan norma dan konstitusi UUD 1945, pengembangan komitmen terhadap NKRI dan penghayatan terhadap filosofi Bhineka Tunggal Ika. PPKN dimaksudkan sebagai upaya membentuk peserta didik, menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. UUD 1945, semangat Bhineka Tunggal Ika dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh sebab itu sudah cukup jelas bahwa, arah pengembangan Pendidikan kewarganegaraan tidak boleh keluar dari Landasan Ideologi Pancasila, landasan konstitusional UUD 1945, dan landasan operasional Undang-Undang no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, NKRI dan filosofi Bhineka Tunggal Ika. dalam kesempatan ini kami sajikan contoh RPP Matapelajaran PPKN untuk Kelas VII SMP Kurikulum 2013, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Selamat berjuang dan berkarya guru Indonesia, tetap semangat untuk terus berinovasi. Wassalam.


Download                                                               Unduh