Breaking News

CONTOH RPP MATA PELAJARAN IPS KELAS VII K13

RPP MATA PELAJARAN IPS KELAS VII K13



Pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13) hampir menyeluruh di Indonesia dilaksanakan disekolah-sekolah, K13 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Hal keutuhan tersebut, menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar setiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Pada pelajaran IPS karena ini merupakan transisi menuju ke pendidikan menengah, maka di jenjang SMP sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran walaupun belum sepenuhmnya. Bidang-bidang ilmu geografi, sejarah, sosiologi, anthropologi dan ekonomi, masih perlu disajikan sebagai kesatuan dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Pembelajarannya ditujukan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP tentang konektivitas ruang dan waktu beserta aktifitas-aktifitas sosial lainnya.



Maka melalui gambaran umum tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dikenalkan keberagaman potensi masing-masing daerah. Keberagaman potensi tersebut menciptakan dinamika pasokan kebutuhan dalam dimensi ruang dan waktu yang memicu tentang pentingnya pembentukan ikatan konektivitas multi dimensi, sehingga akan menghasilkan kesatuan yang kokoh dalam keberagaman yang ada. Pembahasan dalam program tahunan, program semster, silaburs dan RPP, dibagi berdasarkan keberagaman modal pembangunan yang dimiliki oleh negara dan bangsa yaitu, modal sumberdaya manusia, modal lokasi, modal sumberdaya alam dan modal sumberdaya budaya termasuk kearifan lokal.

Dibawah ini kami sajikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS untuk kelas VII yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 (K13), semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan untuk menambah wawasan dalam rangka melengkapi administrasi guru agar lebih siap dalam melaksanakan pembelajaran dikelas,dan tujuan pembelajaran itu sendiri akan tercapai dengan baik. Selamat berjuang dan berkarya guru Indonesia, tetap semangat dan terus berinovasi. Wassalam.

.                                   Download.                                                     Unduh